Aktivis Lingkungan Dukung Pemindahan TPA Panembong Subang

beritatandas.id, SUBANG – Rencana pemindahan TPA Panembong fidukung aktivis lingkungan. Pasalnya kapasitas sampah saat ini sudah menggunung ditambah dengan kelabilan tanah.

“Diperparah lagi dengan intensitas hujan kedepan pasti akan menimbulkan masalah, sedangkan dampak dari sampah itu bukan cuma mengakibatkan banjir, sampah berceceran di s
ungai, tapi bau, ecoli & bakteri-bakteri dari sampah tersebut akan menimbulkan masalah baru dengan penyakit yang menjangkit,” kata Iis Rochati, Aktivis Peduli Alam Kabupaten Subang.

Dengan adanya rencana pemindahan TPA menurut Iis, sudah dengan hasil kajian dan meminimalisisr dampak lingkungan.

“Jujur kalau yang namanya dampak pasti ada, setidaknya ada solusi untuk permaslahan sampah. Kita paham pasti ada pro dan kontra dalam proses pemindahan TPA ini dan tudak mungkin ‘sim salabim’ langsung beres. Kita harus sama-sama berperan,” katanya.

Harapan apabila pemindahan TPA itu sudah terealisasi masyarakat di minta untuk mendukung.

“Sebagai warga kita harus mendukung dengan cara kita sendiri mulai pemilahan sampah di rumah tangga masing-masing organik dan an organik, mau lewat bank sampah, mudah-mudahan ada investor yang mau mengolah sampah tersebut supaya di TPA baru bukan hanya menimbun tapi bisa diolah sehingga menjadi bertambahnya nilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Iis.

Reporter : Harun Hasyim