Bersyukur, Ikhlas, Berani dan Mampu Menjaga Nama Baik Diri Sendiri Dan Kesatuan

Purwakarta, beritatandas.id – Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar dengan jumlah personil kurang lebih 450 anggota yang terbagi dalam 4(empat) kompi, dan dimana anggotanya hampir 80% senior.

Batalyon ini dalam tugas utamanya adalah membantu menjaga kamtibmas di 7(tujuh) Polres yang berada di wilayah hukum Polda Jawa Barat, diantaranya: Polres Purwakarta, Polres Kuningan, Polres Karawang, Polres Indramayu, Polresta Cirebon, Polres Cirebon dan Polres Majalengka.

Hal ini menjadi tantangan bagi Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Kompol.Apt. Bagus Amrulloh Nurul Immawan.S.Farm.S.I.K. sebagai Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar beliau bertekat menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan tugas, memimpin kesatuan batalyon C meskipun berat, karena sebelumnya Batalyon ini sudah menorehkan prestasi.

Untuk mendukung padatnya aktifitas Batalyon C dalam back up zona rayonisasi, maka anggota Batalyon harus memiliki fisik yang prima. Fisik yang prima tidak bisa instan, diharuskan menempuh latihan setiap hari. Oleh karena itu Danyon mencanangkan Program Strava untuk meningkatkan fisik para anggota, karena dengan sehatnya fisik otomatis prestasi akan mudah di raih dalam menjalankan tugas pun para anggota ringan karena sehat fisiknya, meningkatnya kesehatan fisik menjadikan nilai Kesamaptaan yang akan di raih dapat jauh lebih tinggi dengan nilai rata rata sebelumnya sekitar 56 saat itu, kini bisa mencapai nilai sekitar 70 an, hal ini menjadi lonjakan nilai yang tertinggi dalam sejarah Batalyon C Sat Brimob.

Adapun Program Strava olah raga yang di gunakan oleh Danyon Bagus adalah lari dan bersepeda, hal ini dijadikan program unggulan sejak Februari 2022 beliau menjabat yang dicanangkan oleh Danyon Bagus. Program Strava ini dijalankan oleh Danyon Kompol Bagus guna menjaga kesehatan anggota  yang prima.

Di bulan pertama sosialisasi program strava diikuti hampir 70% anggota, di bulan kedua sosialisasi program ini diikuti hampir 90%, dan di bulan ketiga sosialisasi program ini diikuti oleh seluruh anggota, dan menjadikan kewajiban tanpa terkecuali. Bahkan Danyon sendiripun ikut serta program tersebut.

Program peningkatan fisik dengan lari ini di canangkan sesuai strata usia dalam capaian target 1 minggu yaitu :
Strata gol.1 usia 19 – 30 thn : capaian lari 10 KM, capaian bersepeda 40 KM.
Strata gol. 2 usia 31 – 40 : capaian lari 7,5 KM, capaian Bersepeda 30 KM
Strata gol. 3 usia 41 – menjelang pensiun : 5 KM Jogging, Capaian Bersepeda 20 KM

Program ini dicanangkan oleh Danyon agar dapat meningkatkan daya tahan / fisik anggota batalyon. Yang mana setelah di telusuri hampir kebanyakan anggota meninggal karena serangan jantung ( di karenakan menumpuknya plak yang berasal dari Cholesterol) akibat makanan yang di konsumsi tidak dapat di urai kembali melalui aktifitas olah raga.

Dengan adanya program ini dapat meningkatkan kesehatan fisik anggota Batalyon C, hingga dapat menorehkan prestasi ketika mengikuti perlombaan Harkatpuansus.

Pada kesempatan ini Danyon C Sat Brimob Polda Jabar Kompol. Apt. Bagus Amrulloh Nurul Immawan, S.Farm. S.I.K.menyampaikan kesan dan pesannya ” Agar selalu ikhlas hati dan banyak bersyukur karena banyak orang lain yang ingin memakai seragam seperti yang kita pakai sekarang, selalu semangat dalam melaksanakan tugas, jaga kesehatan, dan yang paling utama adalah menjaga nama baik diri dan kesatuan agar dapat terjaga harkat dan martabat diri dan juga kesatuan.” Demikian ujar Bagus menutup pembicaraannya.

 

Redaksi Gun’S/Ares