Cegah Covid-19, Ratusan Ibu Hamil di Karawang Divaksin

beritatandas.id, Karawang – Upaya pencegahan Covid-19 terus gencar dilakukan, selain memperketat pelaksanaan protokol kesehatan, vaksinasi terus dilakukan.

Kali ini, vaksinasi Covid-19 menyasar ibu hamil. Giat yang digelar dua hari itu dilakukan di Kabupaten Karawang bertempat di RSUD Karawang.

“Pelaksanaan dilakukan selama dua hari di rumah sakit,” ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, saat menghadiri acara tersebut, Jumat (27/8/2021)

Dia menyampaikan, vaksinasi bagi ibu hamil bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu dan janin di Kabupaten Karawang akibat Covid-19.

“Mudah-mudahan ini pun menjadi percepatan vaksinasi di Karawang dan juga angka kesembuhannya bisa dapat terus meningkat,” ungkap Plt Direktur Utama RSUD Karawang Fitra Hergyana.

Saat ini jumlah ibu hamil di Kabupaten Karawang sebanyak 41.230 orang. Total sasaran ibu hamil yang memperoleh vaksin di seluruh wilayah Kabupaten Karawang sebanyak 9.490 orang.

Ibu hamil yang dapat memperoleh vaksin yakni usia kandungan 13 minggu hingga 36 minggu.

“Ibu hamil 2021 ini datanya sebanyak 41.230, usia kandungan itu harus 13 minggu sampai menjelang melahirkan saja,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Karawang Mohammad Alwi.

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Karawang Yayuk Sri Rahayu menuturkan, selain vaksinasi ibu hamil, vaksin juga diperuntukkan bagi masyarakat umum. Jenis vaksin yang diberikan moderna.

Masyarakat yang boleh memperoleh vaksin tersebut yakni usia 18 tahun hingga 45 tahun.

“Kalau untuk moderna itu hanya untuk masyarakat umum yang berusia tertentu,” pungkasnya.

Redaksi/Fauzi