dr Tia Indriana Sp. OG ; Kemandulan Bisa di Upayakan Sembuh

beritatandas.id, PURWAKARTA – Siloam Hospitals Purwakarta mengundang puluhan wartawan daerah penugasan Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka).

Wartawan mendapat presentasi tentang materi infertilitas atau kemandulan pada wanita usia subur.

“Pada wanita infertilitas dapat disebabkah oleh beragam kondisi. Di antaranya akibat tersumbatnya saluran telur atau dalam istilah medis obstruksi di saluran tuba fallopil,” ucap dr Tia Indriana SpOG dalam paparannya, pada Kamis (26/12/2019).

Wanita memiliki dua saluran telur di kiri dan kanan. Jika terjadi sumbatan di kedua saluran tersebut, akan mengakibatkan tidak bertemunya sel telur dan sperma.

“Sehingga tidak terjadi pembuahan ataupun kehamilan Deteksi adanya
obstruksi di saluran tuba bisa dilakukan dengan pemeriksaan MSG,” ujar dr Tia.

Kemandulan sendiri bisa diupayakan sembuh. Salah satunya dengan pemeriksaan HSG. HSG bisa meningkatkan fertilitas pada wanita
yang pernah menjalani pemeriksaan. Terutama pada wanita yang mengalami masalah pada saluran telur.

“Alasannya, cairan kontras yang disemprotkan ke rahim terkadang bisa membuka saluran telur yang tersumbat sehingga membantu wanita yang bersangkutan bisa hamil,” kata Tia.

Selain membersihkan sumbatan, pemeriksaan ini juga bisa meluruskan saluran telur, menstimulasi sel silia di saluran telur atau meningkatkan cairan mukosa di leher rahim (serviks).

“Yang kesemuanya mendukung terjadinya kehamilan,” demikian dr Tia.

 

Redaksi