Dukung Pelabuhan Patimban, Koperasi TKBM Dibentuk

beritatandas.id, SUBANG – Guna menyukseskan keberadaan Pelabuhan Patimban, warga Pusakanagara membentuk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Keberadaan wadah itu diharapkan warga sekitar bias ikut dilibatkan dalam pekerjaan di Pelabuhan yang sudah diresmikan pada akhir tahun 2020.

“Pusaka Makmur Sejahtera secara resmi pada hari selasa tanggal 09 februari 2021 yang bertempat di Aula Kantor Desa Rancadaka, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang – Jawa Barat,” kata Moh. Pendi, Ketua Koperasi Jasa TKBM, seraya menyampaikan cikal-bakal koperasi itu dibentuk sejak 2018 lalu, kepada beritatandas.id.

Koperasi Jasa TKBM Pelabuhan Patimban Pusaka Makmur Sejahtera berkedudukan atau berdomisli di Jalan Raya Pusakaratu – Gempol Dusun Ciawitali Desa Pusakaratu Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Dalam Rapat Pendirian Koperasi TKBM tersebut, turut dihadiri oleh Perwakilan Dekopindo dan Dinas Koperasi Kabupaten Subang maupun unsur lainnya. Poin penting saat rapat pendirian yaitu bidang usaha utama koperasi yakni aktivitas  jasa Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), tentunya untuk menunjang aktifitas Pelabuhan Patimban.

“Dengan telah didirikan dan dibentuknya koperasi tersebut,  bisa berkontribusi sepenuhnya dengan adanya aktifitas di Pelabuhan Patimban dan dapat mendongkrak roda perekonomian serta mensejahterakan warga masyarakat,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Charkam atau lebih dikenal Cah Angon, sebagai tokoh masyarakat Pantura, dirinya mengaku secara pribadi sangat mendukung atas pembentukan Koperasi Jasa TKBM Pelabuhan Patimban Pusaka Makmur Sejahtera.

“Tentu agar kedepannya semua masyarakat bisa berkontribusi di Pelabuhan Patimban baik sebagai pekerja maupun yang lainnya. Pada intinya jangan sampai warga masyarakat di wilayah pantura khususnya, umumnya Kabupaten Subang hanya jadi penonton di Pelabuhan Patimban ini,” tandasnya.

Reporter : Sunarto Amrullah