Faizin Minta Digitalisasi Harus Sentuh Pelaku UMKM

Depok, beritatandas.id –  Anggota DPRD Jawa Barat, M. Faizin menilai perkembangan transformasi digital dapat membawa pengaruh positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional. Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, hal tersebut berkaca saat masa pandemi Covid-19, di mana tidak dibolehkan untuk berkerumun.

Faizin menuturkan, transformasi digital di era 4.0 sangat mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi, seperti perubahan terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja.

“Ibu-ibu yang awalnya belanja di pasar atau ke mal. Kini mereka beralih menggunakan aplikasi belanja daring dan media sosial,” tutur Faizin, Minggu (21/08).

Peralihan perilaku masyarakat ini, ditegaskan dewan yang duduk di Komisi IV DPRD Jawa Barat ini, perlu ditangkap para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar usaha mereka dapat bertahan paska pandemi.

“Mengadopsi teknologi internet saat pandemi Covid-19 pada berbagai bidang sangat diperlukan. Termasuk UMKM yang harus migrasi dari yang semula menjual langsung, harus belajar memanfaatkan perkembangan teknologi informasi agar produk mereka bisa laku, tentu saja melalui belanja daring,” tegas Faizin yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Depok ini.

Wakil rakyat dari Dapil Jawa Barat VIII (Kota Depok-Kota Bekasi) ini pun meminta agar pemerintah dapat lebih massif untuk melakukan pelatihan dan memberikan fasilitas agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan produk hingga mengelola keuangan mereka.

“Jadi, sudah harus migrasi dari berdagang konvensional ke dunia digital, manfaatkan peluang ini dengan baik untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM,” pungkas Faizin.**

 

Redaksi