Gara gara RUU Cipta Kerja, Ribuan Buruh Purwakarta Mogok Kerja

beritatandas.id, PURWAKARTA – Gara gara di sahkannya RUU Cipta Kerja oleh DPR RI, ribuan massa buruh di Purwakarta hari ini lakukan aksi mogok kerja.

Ribuan massa itu datang dari berbagai perusahaan yang ada di daerah Purwakarta, sejak pagi sudah berkumpul di perempatan jalan raya Sadang Ciwangi, menuju ke DPRD dan Pemkab Purwakarta.

Pantauan berita tandas.id dari Sadang Town Square (STS), nampak ribuan buruh dari
organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) sudah berkumpul di sana dari pukul 09.00 WIB, mereka bergerak menuju ke arah DPRD dan Pemkab Purwakarta, menuntut agar pemerintah membatalkan pengesahan RUU OMNIBUSLAW/ Cipta Kerja.

Sementara itu massa buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dari Konsulat Cabang (KC) Purwakarta pada saat itu menurunkan 5000 massanya. Namun berbeda dengan organisasi SPSI.

Hal yang dilakukan oleh organisasi ini, yakni melakukan aksi di masing-masing perusahaan.

“Aksi kami hanya di lakukan di masing-masing perusahaan,” jelas Ade Supiyani, selaku Ketua Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen (PC SPAMK)/ Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia KC Kabupaten Purwakarta Jawa barat,melalui aplikasi WhatsApp messenger.

Pantauan beritatandas.id, di kawasan industri Kota Bukit Indah di Bungursari, tampak ribuan massa buruh hanya berorasi di depan perusahaannya sambil meneriakkan, tolak RUU Cipta Kerja. (Reporter: YUSUP BACHTIAR).

Keterangan Foto:

1. Ribuan massa buruh dari SPSI Kabupaten Purwakarta, saat sedang berkumpul di STS Sadang.

2. Massa buruh dari FSPMI KC Purwakarta, lakukan aksi mogok kerja di perusahaan masing-masing.

Selasa (6/10/2020) datangi gedung DPRD Kabupaten. Aksi mereka yakin menuntut agar Pemerintah mencabut RUU OMNIBUSLAW Cipta Kerja.

“Diperkirakan massa SPSI itu ada sekitar 2000 orang, berkumpul di Sadang dari pagi dengan menggunakan kendaraan roda dua,” ujar Tato Kustaman Darmanto, BA selaku Kasi Trantib Kecamatan Bungursari, ketika ditemui oleh beritatandas.id, pada saat sedang memantau kegiatan tersebut, di hari Selasa (6/10/2020.

Pantauan Media KIM Kabupaten Purwakarta di perempatan jalan raya Sadang Ciwangi, masa yang berasal dari perusahan perusahaan yang berada di tiga kecamatan itu, sudah berkumpul di tempat ini sejak pagi.

Menurut Tato Kustaman Darmanto, BA, selaku Kasi Trantib Kecamatan Bungursari, massa tersebut di perkirakan sebanyak 2000 dari tiga Kecamatan, yakni dari Kecamatan Bungursari, Campaka dan Cibatu melintasi jalur Sadang Ciwangi.

“Sejak pukul 09.00 sudah berkumpul di perempatan jalan raya Sadang Town Square (STS) Purwakarta, sambil menunggu masa lainnya untuk bergabung bersama sama menuju ke arah DPRD Purwakarta dan Bupati Purwakarta, untuk menyampaikan apresiasi terhadap RUU OMNIBUSLAW,” ujarnya kepada Media KIM Kabupaten Purwakarta pada saat sedang memantau aksi unjuk rasa di depan STS di Ciwangi, Selasa (6/10/2020)

 

Reporter : Yusup