Ini Update Data Banjir di Subang

beritatandas.id, SUBANG – Data terkini banjir di Subang, melansir data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang

Belasan ribu unit rumah terendam banjir dan puluhan ribu jiwa mengungsi. Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Subang Hidayat berdasarkan data pada 7 hingga 9 Febuari 2021.

“Untuk data kami itu sifatnya masih felksibel, setiap saat bisa berubah seiring dengan kejadian,” ujar Hidayat ketika wawancara beritatandas.id, disela meninjau banjir di Pamanukan Subang pada Selasa (9/2/2021).

Melansir catatan yang diberikan Hidayat, update data pada 9 Februari 2021 pukul 05.00 sebanyak 19.211 unit rumah terendam banjir, 38.435 jiwa mengungsi akibat banjir dan longsor, 11.246 hektare sawah terendam banjir 2.768 hektare tambak ikan terendam banjir, 10 unit sarana ibadah dan 6 unit sarana pendidikan terendam banjir.

Dilanjutkan Hidayat data yang terhimpun berdasarkan kejadian bencana yang dilaporkan oleh masing-masing regu di setiap Kecamatan.

“Itu semua total kejadian di 21 Kecamatan yang ada di Subang, beberapa diantara terdampak bencana longsor di wilayah selatan dan tengah Kabupaten Subang,” papar Hidayat.

Sementara untuk ruas jalan yang terendam Hidayat belum dapat menyampaikan secara detail, karena beberapa ruas jalan yang sebelumnya terendam kini sudah mulai surut.

“Kita belum bisa memastikan, yang pasti seperti kita ketahui ruas jalan yang terendam fatal itu wilayah Pantura arah Pamanukan dan Pagaden arah Pamanukan debit air nya lumayan,” imbuhnya.

Selanjutnya Hidayat mengimbau kepada masyarakat yang mengungsi maupun yang sedang diungsikan agar senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan.

“Kita sadar betul ini masih suasana pandemi, saya harapkan agar masyarakat tetap dengan protokol kesehatan, selalu jaga kesehatan serta keamanan untuk barang-barang pribadi dalam pengungsian,” tutupnya.

Reporter : Irvan