Jalankan Tirakat Politik, PKB Sukabumi Luncurkan Program Jumat Berkah

beritatandas.id, SUKABUMI – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi, Hasim Adnan bersama seluruh jajaran pengurus dan Fraksi PKB meluncurkan Program Jumat Berkah. Giat yang diisi dengan membagian Nasi Kotak kepada warga yang membutuhkan itu disebut juga dengan tirakat politik, Jumat (09/4/21) di depan Kantor DPC PKB.

Hasim mengatakan, bahwa DPW PKB Jabar sudah lebih dulu melakukan program Jumat Berkah ini pada pekan sebelumnya di Kantor DPW. Dan sekarang beberapa DPC PKB yang ada di Jawa Barat melakukan hal yang sama, termasuk DPC PKB Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, pada Jumat ini, kami DPC PKB Kabupaten Sukabumi meluncurkan program yang sama. Program Jumat Berkah berupa pembagian Nasi Kotak kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi yang membutuhkan, terutama untuk Jumat ini kami bagikan kepada rakyat Sukabumi yang melintas di depan Kantor ini,” ujar Hasim.

Pekan-pekan selanjutnya, DPC PKB Kabupaten Sukabumi akan menjalankan program tersebut secara bergiliran di seluruh kecamatan yang ada. Hal tersebut dijalankan sebagai upaya pemerataan distribusi, mengingat begitu luas wilayah dan besarnya jumlah kecamatan.

“Insya Allah, ke depan program ini akan menjadi program rutin yang kita lakukan. Selain sebagai bagian dari tirakat politik PKB, program ini juga dapat membantu pelaku UMKM di sektor informal, terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini, yang tampaknya belum bisa diprediksi kapan akan berakhir,” ungkap pria yang juga sebagai Sekretaris F-PKB DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Lebih lanjut, Hasim mengatakan, bahwa Program Jumat Berkah ini sebagai manifestasi dari ajaran Al-Quran sebagaimana termaktub dalam surat Al-Balad (90) ayat 14, yang dalam konteks kekinian, ditemukan banyak orang yang mengalami kelaparan karena tidak memiliki penghasilan sebab situasi ekonomi yang terpuruk akibat wabah pendemik Covid.

“Bisa jadi ada yang menilai bahwa program ini sepele dan biasa saja. Namun saya ingin meyegarkan kembali ingatan pada satu kaul salah satu waliyullah, Syaik Abdul Qodir Aljaelani, yang mengatakan bahwa: sesuap makanan yang disumbangkan untuk mengganjal perut orang yang kelaparan, lebih baik daripada membangun seribu mesjid. Kaul ini mengajarkan kepada kita betapa program yang kami lakukan ini memiliki faedah dan keutamaan,” pungkas Hasim.

Selepas Program Jumat Berkah diluncurkan, DPC PKB kemudian menggelar Talkshow dengan tema: Pengelolaan Zakat, Infak dan Sodakoh (ZIS) untuk kesejahteraan umat dengan menghadirkan dua narasumber dari Baznas dan Lazisnu Kabupaten Sukabumi, yang disiarkan secara langsung melalui channel youtube DPC PKB Kabupaten Sukabumi.

Redaksi