Ketua Komisi II DPRD Jabar Usaha Jamur Yang Dikelola Kelompok Tani Mekar Jaya Bernilai Ekonomis Tinggi

beritatandas.id, Bandung – Komisi II DPRD Jawa Barat berikan apresiasi kepada Kelompok Tani Mekar Jaya yang membudidayakan berbagai jenis jamur.

Kelompok tani yang berada di Desa Dawagung, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya ini memanfaatkan limbah serbuk gergaji sebagai media tanamnya.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Jabar Asep Suherman menyebutkan selain memiliki manfaat tinggi, jamur yang dibudidayakan Kelompok Tani Mekar Jaya tersebut juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Beberapa jenis jamur memilik manfaat tinggi, seperti halnya jamur kayu sebagai sumber pangan sehat yang bernilai ekonomis, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan,” kata Asep Suherman dikutip dari Instagram Humas DPRD Jabar, Sabtu, 20 Februari 2021.

Asep mengatakan budidaya ditempat tersebut sudah maksimal, karena tidak satu jenis jamur saja yang dibudidayakan.

“Sangat menarik, karena menghadirkan beberapa jenis jamur, seperti jamur kuping, tiram coklat, payung, dan lainnya,” tuturnya.

Dikatakannya, pemberdayaan masyarakat melaui produksi hasil hutan non kayu ini sangat baik.

“Bisa menjadi pilot project bagi kelompok tani yang lainnya,” tuturnya.

Hal tersebut disampaikannya dalam kunjungan Komisi II DPRD saat meninjau pembudidayaan hasil hutan no kayu, di Desa Dawagung, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis, 11 Februari 2021 lalu.

 

Redaksi