Seniman Jabar Sebut Gedung Kebudayaan Subang Mirip Kandang Merpati

beritatandas.id, SUBANG – Gedung Kebudayaan yang terletak di kawasan Hutan Kota Ranggawulung Subang, dinilai dibangunan dengan bentuk yang tidak layak dan representatif. Bahkan gedung yang kala disebut pusat kebudayaan tersebut dibangun tanpa adanya panggung.

Keanehan arsitektur bangunan tersebut bahkan menarik para seniman dan budayawan Jawa Barat untuk ikut berkomentar mengenai bangunan tersebut.

Salah satunya Seorang budayawan ternama asal Ciamis, Godi Suwarna. Ia menyebut bangunan gedung kebudayaan Subang yang hingga kini belum tuntas tersebut dijuluki seperti sarang burung merpati.

Dikutif dari flatroom media sosial pribadinya, Godi menjelaskan penilaiannya dari segi budaya terhadap gedung tersebut,

“Entah budaya apa yang digarap dan dipertunjukkan di Subang, kok gedungnya dibangun pake bambu,” kata Godi dikutif dalam status media sosialnya.

Lebih lanjut Godi mendeskripsikan tentang gedung Kebudayaan tersebut, nampak deretan bangunan seperti saung ranggon (bangunan seperti panggung).

“Kalau dilihat-lihat seperti kompleks kandang merpati, entah kuat berapa lama gedung kandang burung merpati itu, karena hanya terbuat dari bambu,” ungkap Godi.

Sebelumnya diketahui, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ali Rasyid saat meninjau lokasi tersebut pada Selasa (26/1/2021) menduga banyak kesalahan dalam pembangunan gedung tersebut. Dia menilai tidak sepatutnya angka Rp6 Miliar hanya menghasilkan gedung seperti itu.

Pantauan di lapangan, struktur konstruksi gedung tersebut 80 persennya berbahan bambu, bahkan beberapa bagian kontruksi dari bangunan tersebut terlihat sudah lapuk, dengan kondisi yang tak terawat gedung tersebut kerap kali hanya jadi tempat mesum.

Reporter : Irvan