13 Rumah di Tanjungtiga Blanakan Terisolasi

beritatandas.id, SUBANG – Akses jalan menuju Desa Tanjungtiga, Kecamatan Blanakan Subang, terendam banjir. Akibatnya 13 rumah di desa tersebut terisolasi.

Dijelaskan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Hidayat, dirinya mengatakan banjir rob tersebut tidak merendam rumah.

“Hanya akses jalan yang terendam, mereka warga disana jadi terisolasi,” ujarnya kepada beritatandas.id, Jumat (5/1/2021).

Hidayat menjelaskan, 13 rumah yang terisolasi merupakan imbas dari curah hujan.

“Ini memang ada rob, ditambah curah hujan tinggi dan cukup lama, posisi jalan ini tanahnya juga lebih rendah dari area tanah rumah-rumah itu,” kata Hidayat.

“Kami dapat kabar sore kemarin, langsung kita tinjau, serta mendata apa saja yang perlu kita laporkan,” tandasnya.

BPBD Kabupaten Subang juga mendistribusikan logistik kepada warga dirumah yang terisolasi tersebut.

“Disana ada 17 KK, yah kita distribusikan kebutuhan logistik mereka, kan jalan ini tidak bisa dilintasi kendaraan, kemungkinan besar mereka kesulitan belanja bahan pangan,” paparnya.

Lebih lanjut, Hidayat mengimbau, agar masyarakat bersiaga pada awal tahun hingga bulan Maret dikarenakan masih dalam kondisi cuaca ekstrim.

“Kita harus waspada yah, apa lagi pemukiman didekat aliran sungai atau area tebing. Cuaca seperti ini rawan banjir dan longsor,” harapnya.

Reporter : Irvan