Asep Suherman Sebut Anggaran untuk Balai Pengembangan Benih Hortikultura Sangat Minim

beritatandas.id, Bandung – Angggota Komisi III DPRD Jawa Barat Asep Suherman optimis Balai Pengembangan Benih Holtikultura dan Aneka Tanaman Lembang dapat mendorong bisnis pada hortikultura di Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Asep pada Rapat Evaluasi Program Kerja Tagun 2021 dan Rencana Kegiatan Tahun 2022 di Balai Pengembangan Benih Hortikultura Aneka Tanaman, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 26 Juli 2021.

“Seperti bibit bunga hias merupakan sektor unggulan petani di Jawa Barat hingga saat sekarang, tentunya ini sangat potensial,” kata Asep.

Selain bibit bunga, bibit yang berpotensi mendorong kesejahteraan petani adalah bibit buah-buahan seperti bibit buah jeruk.

“Buah-buahan terutama jeruk  Hasil pembibitan shuttle ini yang kemudian disebarkan ke seluruh petani jeruk di Jawa Barat” katanya..

“Kita punya peranan di tengah kebutuhan petani, mereka tetap bisa memutar roda usahanya dan juga menumbuhkan keinginan dari calon-calon petani baru,”imbuhnya.

Namun ia menyayangkan adanya sejumlah fasilitas milik Balai Pengembangan Benih Holtikultura dan Aneka Tanaman Lembang tidak terawat.

Menurutnya hal ini disebabkan minimnya anggaran yang disediakan untuk balai milik Pemprov Jawa Barat ini.

“Fasilitas ini memang pada tahun 2021 bahkan tahun 2020 kurang mendapat perhatian, dari segi anggaran pun sangat kecil,” katanya.

Oleh karena itu Asep usulkan penambahan anggaran untuk Balai Pengembangan Benih Holtikultura dan Aneka Tanaman Lembang ini pada tahun ini.

Sehingga pasokan kebutuhan bibit bunga maupun buah-buahan untuk petani di Jawa Barat tidak terhambat.

 

Redaksi