Insan Pers IJP Jabar Harus Sambut Kemajuan Era Digital

beritatandas.id, SUBANG – Anggota DPRD Karawang dari Partai Gerindra, Ir H Danu Hamidi apresiasi telah dilaksanakannya pendidikan dan pelatihan (Diklat) jurnalistik Ikatan Jurnalistik Pantura (IJP) Jawa Barat di Ciater, Subang, Jawa Barat, 25-26 Juli 2020.

Diklat jurnalistik IJP Jabar tersebut mengangkat tema menghadapi tantangan kebebasan pers dan kemajuan teknologi era digital globalisasi.

Menurut H Danu, kemajuan teknologi era digital perlu disambut oleh para wartawan yang tergabung di IJP Jabar. Sehingga para wartawan bisa terus berkarya dalam bidang jurnalistik di era industri 4.0 seperti saat ini.

“Tumbuhnya media online di Indonesia perlu disambut baik oleh publik. Terutama oleh kalangan insan pers. Arus informasi globalisasi begitu cepat. Maka diperlukan kesiapan para insan pers dalan menyajikan berita yang cepat,” katanya.

Dikatakan Danu, pers sebagai pilar ke empat demokrasi di dunia, sehingga berperan penting dalam kemajuan peradaban dunia. Seiring berbagai arus informasi terus terserap publik. Maka para peran pers sangat diperlukan sebagai alat kontrol sosial dalam menjaga perabadan.

“Peran pers sangat besar dalam kemajuan peradaban dunia. Hampir semua lini kehidupan baik legislatif, eksekutif dan yufikatif memerlukan pers dalam memberiikan informasi pada publik,” tandasnya.

Ia juga berharap dengan adanya IJP Jabar sebagai organisasi wartawan regional yang baru didirikan para wartawan yang bertugas di wilayah Pantai Utara Jawa Barat, dapat berpersan sebagai organisasi lokal yang independen.

“IJP Jabar sebagai organisasi lokal bersifat regional. Dalam menjalankan roda organisasinya harus independen,” paparnya.

Ia juga mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Diklat Jurnalistik IJP Jabar.

“Selamat atas dilaksanakannya Diklat Jurnalistik pertama IJP Jabar. Bangun kebersamaan diantara para wartawan yang berada di Jalur Pantura Jabar. Berikan informasi kepada publik dan perangi berita hoaks,” kataya.

Sementara itu, Dede Jaenudin, ketua IJP Jabar mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan atas terlaksananya diklat Jurnalistik pertama IJP Jabar.

Begitu pun kepada para narasumber yang telah memberikan materi diklat jurnalistik pertama IJP Jabar. Sehingga para wartawan yang tergabung di IJP Jabar mendapat pencerahan tentang keilmuan jurnalistik dalam menghadapi tantangan kemajuan era digital di era globalisasi.

“Kemajuan teknologi era digital ini perlu disambut dengan baik oleh para wartawan yang tergabung di IJP Jabar. Kita harus mampu mengikuti kemajuan teknologi yang serba digital dalam penyampaian berita untuk publik,” singkatnya.

Redaksi