Kolaborasi Kang Nace Dan Mak Sri, Siap Memajukan Marching Band Di Karawang

Karawang, beritatandas.id – Latihan Gabungan Marching Band Gita Bahana Juang ( GBJ ) yang dilaksanakan oleh siswa dan siswi sekolah di Karawang bertujuan untuk mengasah kemampuan dan melatih mental anak untuk tampil di depan publik.

Hal itu diungkapkan Nace Permana selaku Ketua Gita Bahana Juang ( GBJ) Karawang disela-sela menyaksikan Latihan Marching Band yang digelar di Lapangan Kantor Pemda Karawang, Minggu (20/11/2022).

“Kita menyadari marching band ini disekolah sekolah sudah semakin redup kalah dengan ekstrakulikuler lainnya, sehingga peminatnya pun semakin menurun, maka perlu kita tingkatkan lagi dengan kegiatan-kegiatan yang pariatif dan kreatif,” kata Nace.

Menurut Nace, ada beberapa faktor kendala disekolah diantaranya karena penyediaan alat marching band dan anak cendrung memilih ekstrakulikuler yang lain.

“Alat marching band ini bukan alat murah, banyak sekolah yang tidak mampu menyediakan dan memperbarui alat, ini tanggung jawab kita bersama untuk mengembalikan kejayaan marching band,” tuturnya.

Nace berharap, kegiatan di sekolah terus eksis dan pihaknya meminta ke Pemda Karawang untuk mengadakan anggaran hibah pembelian alat-alat untuk marching band di sekolah.

“Pemda harus mengalokasikan anggaran hibah bagi marching band Karawang dan mensupport nya. Kita juga berencana ke depan untuk mengadakan perlombaan atau even marching Band di Kabupaten Karawang,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Persatuan Drum Band Indonesia ( PDBI ) cabang Karawang Hj. Sri Rahayu Agustina. SH mengatakan, latihan gabungan ini merupakan membangkitkan kembali Drum band di Kabupaten Karawang. Dirinya juga memberikan Apresiasi atas kepengurusan baru yang dipimpin Nace Permana.

“Kita apresiasi kepengurusan GBJ Karawang, Ini akan memberikan kejutan-kejutan ke depannya untuk membangkitkan ekstrakurikuler Drum Band di sekolah dan PDBI siap berkolaborasi,” ujarnya.

Mak Sri juga berencana akan mengadakan silaturahmi akbar dan duduk bersama dengan alumni-alumni GBJ bila perlu semua angkatan untuk membesarkan dan memajukan marching band di Kabupaten Karawang.

“Drum Band di Karawang harus maju dimasa yang akan datang, Insya Allah kita akan support sekolah-sekolah dan minta untuk bergabung kembali membangkitkan kembali semangat siswa siswi yang memang berbakat dibidangnya terutama alat musik,” ucapnya.

Mak Sri juga meminta kepada pemerintah pemda Karawang melalui Disdikpora untuk bisa mendorong moril maupun materil dalam kemajuan Marching Band.

“Kita dorong Pemda melalui Disdikpora untuk melakukan pembinaan yang maksimal, dan harus kita pikirkan bersama, yang jelas PDBI dan GBJ siap membantu mengembalikan kembali semangat demi kemajuan Drum Band di Karawang,” pungkasnya.

( Lx )