Pesantren Daarul Abbas Al Maliki Diresmikan, Usung Program Tahfidz dan Cara Cepat Baca Kitab Kuning

Subang, beritatandas.id – Ratusan warga Subang hadiri acara persemian Pondok Pesantren Daarul Abbas Al Maliki di Dusun Kampung Warung Loa, Desa Gunung Tua, Kecamatan Cijambe, Subang, Sabtu (11/3/2023).

Acara dibuka dengan tawasul, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Alquran termasuk Surat Yasin, dan sambutan-sambutan.

Dalam sambutannya Pembina Yayasan H Ali Mukadas menyampaikan ajakan kepada hadirin untuk ikut serta berdakwah dengan memberikan bantuan tenaga dan pikiran termasuk materi kepada pondok pesantren.

“Terimakasih kepada semua yang hadir, bapak Kapolsek, Camat, Kepala Desa serta yang lainnya,” ujar H Ali yang juga anggota DPRD Subang Fraksi PKB.

Ketua Yayasan, Jauhari Abdullah menyampaikan, pesantren yang dikembangkannya terinspirasi dari gurunya Syakeh Abbas Al Maliki dari Makkah yang menginginkan di Jawa Barat khususnya di Subang bisa berdiri pondok pesantren.

“Maka kami beri nama Pondok Pesantren Daarul Abbas Al Maliki,” ujar Abdullah didampingi pimpinan Pesantren yang juga ayahnya, Mukhlis Alawi.

Adapun metode materi yang diajarkan adalah cara cepat membaca dan memahami kitab kuning, di dalamnya ada metode khusus yang diramu dari ilmu nahwu dan shorof serta kitab (kuning) lainnya.

Selain itu, pesantren yang dia pimpin juga ada program unggulan, yaitu tahfidz quran. Ini diluncurkan sebagai amanah dari gurunya.

“Sekarang ada 10 sampai 15 santri. Visinya melahirkan generasi qurani yang berakidah Ahlussunah wal Jama’ah,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, tambahnya, akan melakukan peletakan batu pertama SMP IT. Untuk agendanya masih menyesuaikan agenda Pembina Yayasan yaitu H Ali Mukadas dan Eep Hidayat.

“Untuk lahan ada 6 hektare, dan yang sudah dibangun 1 hektare,” pungkasnya.

Setelah doa dan makan bersama, acara ditutup dengan gunting pita di atas panggung.***

Redaksi