Laut Utara Subang Pasang, Rumah, Jalan dan Tambak Terendam

beritatandas.id, SUBANG – Air pasang membuat pemukiman warga sepanjang pantai utara Karawang – Subang kebanjiran dengan ketinggian 35 sentimeter. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18:25 WIB dan tengah malam baru mulai surut, Kamis (4/6/2020).

Pantauan beritatandas.id, pasang terjadi di Desa Tanjungtiga dan Desa Muara, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, air pasang masuk ke pemukiman penduduk sekitar 2 KM dari bibir pantai.

Rumah penduduk yang terendam paling besar atau paling tinggi di Desa Tanjungtiga di Dusun Tanjunglaut, dan di Desa Muara sedangkan untuk dusun yang laling terkena dampak adalah Dusun Sindanglaut I dan Dusun Sindanglaut II.

Dampak air pasang mengakibatkan jalan desa tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat, perekonomian terhambat karena perempangan yang telah ditanami ikan 70 persen tenggelam

“Ikan dan udang yang sudah diternak pada kabur hilang disapu air pasang,” kata Sunarto Amrullah, tokoh masyarakat yang juga Ketua DPC LSM Kompak Subang.

Dia menyampaikan, pematang atau tanggul perempangan pada jebol tergerus air, sarana penangkapan ikan dan udang seperti bubu, pintu air perempangan dan jembatan di wilayah perempangan hanyut dan rusak.

“Akibat air pasang, kerugian warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” tandasnya.

Redaksi