Ruwat Bumi Masuk Agenda Rutin Kades Rancabango

beritatandas.id, SUBANG – Ruwat Bumi akan menjadi agenda rutin tahunan Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hal itu disampaikan Kepala Desa Rancabango H Rasam Suherman saat menyampaikan sambutan di acara tersebut, Sabtu (9/11/2019) malam.

“Terimakasih kepada semua yang sudah mendukung. Insya Allah ini akan jadi agenda rutin tahunan,” katanya.

Ia menyampaikan, sebenarnya acara ruwat bumi sigelar karena banyaknya permintaan warga untuk menggelar syukuran atas hasil bumi yang selama ini diperoleh. Kemudian, ada juga yang meminta agar ada kegiatan yang bisa menyatukan seluruh warga Rancabango.

“Akhirnya kita bisa gelar acara ini,” tambahnya.

Sementara pantauan di lapangan, acara ruwat bumi itu diisi dengan berbagai macam acara, ada lomba dongdang, lomba tumpeng, istigosah, MoU antara BUMDes Berkah Abadi Desa Rancabango dengan PT Pertani Persero dan ditutup dengan pentas wayang golek oleh Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya.

Meski pentas wayang golek sampai pukul 03.00 dini hari. Tapi warga sangat antusias untuk menyaksikan seni khas Jawa Barat itu sampai tuntas.

Bahkan, lapangan Desa Rancabango yang segitu luasnya, dipenuhi oleh penonton untuk menyaksikan pagelaran wayang golek tersebut.

Redaksi