Jembatan Ciasem Retak, Mobil Truk Diarahkan ke Cipali

beritatandas.id, SUBANG – Jembatan Ciasem Subang tepatnya di KM 126 400 mengalami retakan sepanjang kurang lebih 45 sentimeter.

Akibatnya kendaraan berat atau kendaraan terbuka dari barat arah Jakarta – Cirebon diputar balik.

Kasat Lantas Polres Subang AKP Endang Sujana mengatakan, pengalihan arus untuk kendaraan yang terbuka atau kendaraan berat dari arah Jakarta kerena ada kendala di jembatan Ciasem Subang tepatnya di KM 126 400.

Baca juga : Satgasos Karang Taruna, Karawang Berharap PT KIIC, Ikut Bertanggung Jawab Persoalan Banjir di Wadas

“Jalur dari arah Jakarta menuju Cirebon ya dialihkan untuk dari arah Timur dari arah Cirebon menuju Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut AKP Endang Sujana menambahkan, jalan yang dari arah timur Cirebon – Jakarta masih normal.

“Kemudian juga kita untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan PUPR meminta bantuan kepada kita (Polres Subang) untuk melakukan rekayasa lalu lintas,” ujarnya.

“Bentuknya menjadi contraflow dan sudah dilaksanakan dari tadi sekitar pukul 10 pagi,” imbuhnya.

Baca Juga : Dua Jembatan Penghubung Kecamatan di Subang Putus

Kemudian AKP Endang Sujana menghimbau, untuk masyarakat yang menggunakan jalur dari Jakarta ke arah Cirebon yang menggunakan kendaraan berat langsung atau disarankan harus menggunakan atau melalui jalur tol Cipali.

Karena, tambahnya, bantalan baja jembatan ada kendala ada masalah menurut informasi dari pihak PUPR.

“Karena itu maka dengan menggunakan sebelah jalan nasional, atau jembatan sebelah akan menghambat arus lalulintas,” ujarnya.

“Untuk itu kami belum menanyakan lebih dalam ke pihak PUPR seperti apa kendala keruksakan jembatan tersebut,” pungkasnya.

Baca juga : Puluhan Truk Sampah di Subang Rusak, Ini Dampaknya

Sebelumnya diberitakan beritatandas.id, dua jembatan gantung semi permanen penghubung antar desa amblas diterjang arus sungai. Insiden itu terjadi akibat curah hujan yang tinggi.

Jembatan tersebut merupakan jembatan Angsana yang memiliki panjang 75 meter, jembatan penghubung Kecamatan Cikaum dan Kecamatan Pagaden Barat, jembatan tersebut hancur dihantam derasnya luapan air Sungai Ciasem, pada Minggu (7/2/2021) pukul 14.00 WIB.

Jembatan sejenis yang merupakan  penghubung Kecamatan Cikaum dan Kecamatan Binong juga hancur dihantam derasnya luapan air Sungai Ciasem, jembatan itu adalah jembatan Angsana.

Redaksi